Twibbon

Twibbon Hari Penerbangan Nasional Tahun 2022

Twibbon Hari Penerbangan Nasional Tahun 2022 –  27 Oktober 2022 merupakan  Hari Penerbangan Nasional, tanggal 27 Oktober adalah hari yang spesial bagi dunia Penerbangan Indonesia karena disetiap tanggal 27 Oktober akan di peringati sebagai Hari Penerbangan Nasional.

Sejarah hari penerbangan Indonesia Dilansir dari laman TNI AU, 27 Oktober 1945, sehari menjelang peringatan 17 tahun Sumpah Pemuda, di Pangkalan Maguwo, Yogyakarta terlihat ada kesibukan.

Para teknisi sedang berada di sekitar sebuah pesawat Cureng yang bertanda bulat Merah Putih, mempersiapkan segala sesuatunya untuk sebuah penerbangan yang direncanakan.

Mereka menginginkan sebuah pesawat Merah Putih terbang hari itu, untuk membangkitkan Sumpah Pemuda.

Komodor Udara Agustinus Adisutjipto, yang lebih dikenal dengan sebutan Pak Adi, adalah satu-satunya penerbang Indonesia yang berada di Pangkalan Maguwo. Hari itu, Pak Adi akan terbang bersama Cureng Merah Putih. Upaya itu membawa hasil.

Pak Adi membawa terbang Pesawat Cureng Merah Putih tersebut berputar-putar di Angkasa Pangkalan Maguwo disaksikan dengan rasa kagum oleh seluruh anggota pangkalan yang berada di bawah.

Baca Juga:   Twibbon HUT Kota Yogyakarta 2022

Itulah awal mula sebuah pesawat Indonesia bertanda Merah Putih terbang di angkasa Indonesia yang merdeka. Peringatan Hari Penerbangan Nasional juga menggambarkan perjuangan rakyat Indonesia, khususnya TNI Angkatan Udara pada periode kemerdekaan.

Perjuangan ini diawali oleh Badan Keamanan Rakyat Bagian Udara, yang kemudian berubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat Jawatan Penerbangan, yang kemudian menjadi cikal bakal TNI Angkatan Udara.

Hal itu berdasarkan Penetapan Pemerintah Nomor: 6/SD/1946 yang berisi tentang Pembentukan Tentara Republik Indonesia Angkatan Udara.

Pada awal perjuangan, TNI Angkatan Udara hanya berbekal pesawat rampasan dari penjajah Jepang seperti pesawat Cukiu, Nishikoreng, Guntei, Sansikisin dan Hayabusha.

Meski banyak peninggalan pesawat Jepang, sayangnya hanya beberapa pesawat saja yang bisa dioperasikan. Namun, ini bukanlah penghalang untuk mempertahankan kedaulatan Indonesia.

Berbekal alutista minim dan semangat juang, operasi udara pertama kali dilakukan pada 29 Juli 1947 oleh para kadet atau calon penerbang Angkatan Udara, yaitu Kadet penerbang Mulyono, kadet penerbang Sitardjo Sigit, dan kadet penerbang Suharnoko Harbani yang berhasil menyerang markas militer Belanda di Kota Semarang, Salatiga, dan Ambarawa.

Baca Juga:   15+ Twibbon Hut PGRI Ke 77 Tahun 2022 dengan Desain Keren

Operasi ini merupakan serangan balasan bangsa Indonesia terhadap Agresi Militer Belanda pertama yang telah menyerang kekuatan udara Republik Indonesia di Pangkalan Udara Maguwo, Bugis, Maospati, Panasan, Cibeureum dan Kalijati

Nah, kali ini kami sudah mempersiapkan beberapa link download Twibbon  Hari Penerbangan Nasional yang bisa kalian gunakan secara gratis.

Beberapa desain Twibbon  Hari Penerbangan Nasional ini kami rangkum dari beberapa sumber yang pastinya keren untuk dibagikan.

Langsung saja berikut ini adalah beberapa desain Twibbon Hari Penerbangan Nasional yang bisa kalian gunakan.

Berikut Twibbon Hari Penerbangan Nasional Tahun 2022

Twibbon Hari Penerbangan Nasional Tahun 2022

Download Gambar

Cara menggunakan Twibbon Hari Penerbangan Nasional Tahun 2022

  1. Klik pada link desain Twibbon Hari Penerbangan Nasional Tahun 2022  yang sudah disediakan diatas.
  2. Klik pada tombol browse yang ada di bawah desain untuk mengunggah gambar foto kalian.
  3. Sesuaikan letak foto kalian agar pas dalam bingkai foto dengan cara menciutkan atau melebarkan foto.
  4. Setelah dirasakan pas dan elegan, klik pada tombol next untuk melihat previewnya.
  5. Klik pada tombol download untuk mengunduhnya ke dalam perangkat kalian.
Baca Juga:   Twibbon Hari Literasi Internasional Tahun 2022 - Free

Setelah Twibbon Hari Penerbangan Nasional Tahun 2022 terunduh, jangan lupa untuk membagikannya melalui media sosial kalian disertai dengan Ucapan Selamat  Hari Penerbangan Nasional .

Itulah beberapa desain Twibbon  Hari Penerbangan Nasional  yang bisa kalian gunakan dengan mudah dan gratis.

Nantikan Juga desain – desain Twibbon lainnya disini. Jangan lupa untuk membagikannya kepada teman, saudara dan orang – orang terdekat agar mereka juga bisa menggunakan Twibbon yang menarik ini. Semoga bermanfaat!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button