Twibbon

Link Twibbon Hari Keuangan Tahun 2022   

Link Twibbon Hari Keuangan Tahun 2022- Tanggal 30 Oktober adalah hari yang bersejarah bagi Kementerian Keuangan Indonesia  karena disetiap tanggal 30 Oktober akan selalu dikenang dan di peringati sebagai Hari Keuangan.

Peringatan Hari Keuangan Nasional tidak terlepas dari sejarah munculnya uang kertas pertama kali milik Bangsa Indonesia pada Tanggal 30 Oktober 1946.

Jika dibaca dari website Kementerian Keuangan Republik Indonesia, setelah Indonesia merdeka, Presiden Republik Indonesia Soekarno mengeluarkan Maklumat Presiden Republik Indonesia 3 Oktober 1945 yang menentukan jenis-jenis uang yang sementara masih berlaku sebagai alat pembayaran yang sah.

Saat itu, Indonesia memiliki empat mata uang yang sah. Pertama, sisa zaman kolonial Belanda yaitu uang kertas De Javasche Bank.

Kedua, uang kertas dan logam pemerintah Hindia Belanda yang telah disiapkan Jepang sebelum menguasai Indonesia yaitu DeJapansche Regering dengan satuan gulden (f) yang dikeluarkan tahun 1942.

Ketiga, uang kertas pendudukan Jepang yang menggunakan Bahasa Indonesia yaitu Dai Nippon emisi 1943 dengan pecahan bernilai 100 rupiah.

Baca Juga:   10+ Download Twibbon Hari Listrik Nasional Tahun 2022

Keempat, Dai Nippon Teikoku Seibu, emisi 1943 bergambar Wayang Orang Satria Gatot Kaca bernilai 10 rupiah dan gambar Rumah Gadang Minang bernilai 5 rupiah.

Bersamaan dengan dikeluarkannya maklumat tersebut, pemerintah berencana menerbitkan Oeang Republik Indonesia (ORI).

Menteri Keuangan A.A Maramis membentuk “Panitia Penyelenggara pencetakan Uang Kertas Republik Indonesia” pada 7 November 1945 yang diketuai T.R.B.

Sabaroedin dari Kantor Besar Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan anggota-anggotanya terdiri dari Kementerian Keuangan yaitu H.A. Pandelaki & R. Aboebakar Winagoen dan E. Kusnadi, Kementerian Penerangan yaitu M. Tabrani, BRI yaitu S. Sugiono, dan wakil-wakil dari Serikat Buruh Percetakan yaitu Oesman dan Aoes Soerjatna sebagaimana dilansir dari situs Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Kala itu pencetakan ORI dikerjakan setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 10 malam dari Januari 1946.

Baca Juga:   Poster HUT RI Ke-76, Siap Download!

Namun, pada Mei 1946, situasi keamanan mengharuskan pencetakan ORI di Jakarta dihentikan dan terpaksa dipindahkan ke daerah-daerah seperti Yogyakarta, Surakarta, Malang, dan Ponorogo.

Hal ini yang menyebabkan, ketika ORI pertama kali beredar pada 30 Oktober 1946 yang bertanda tangan di atas ORI adalah A.A Maramis meskipun sejak November 1945 ia tidak lagi menjabat sebagai Menteri Keuangan.

Pada waktu ORI beredar yang menjadi Menteri Keuangan adalah Sjafruddin Prawiranegara di bawah Kabinet Sjahrir III.

Penerbitan ORI pada tanggal 30 Oktober 1946 menjadi momentum sejarah bagi Bangsa Indonesia. Secara historis dan filosofis ORI menjadi alat pemersatu bangsa sekaligus sebagai lambang identitas kemerdekaan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Nah, kali ini kami sudah mempersiapkan beberapa link download Twibbon Hari Keuangan  yang bisa kalian gunakan secara gratis.

Beberapa desain Twibbon  Hari Keuangan  ini kami rangkum dari beberapa sumber yang pastinya keren untuk dibagikan.

Baca Juga:   Link Twibbon Hari Aksara 2022 - Free Download

Langsung saja berikut ini adalah beberapa desain Twibbon Hari Keuangan  yang bisa kalian gunakan.

Berikut Link Twibbon Hari Keuangan Tahun 2022

Link Twibbon Hari Keuangan Tahun 2022 

Download Gambar

Cara menggunakan Link Twibbon Hari Keuangan Tahun 2022 :

  1. Klik pada Link Twibbon Hari Keuangan Tahun 2022  yang sudah disediakan diatas.
  2. Klik pada tombol browse yang ada di bawah desain untuk mengunggah gambar foto kalian.
  3. Sesuaikan letak foto kalian agar pas dalam bingkai foto dengan cara menciutkan atau melebarkan foto.
  4. Setelah dirasakan pas dan elegan, klik pada tombol next untuk melihat previewnya.
  5. Klik pada tombol download untuk mengunduhnya ke dalam perangkat kalian.

Setelah Twibbon Hari Keuangan terunduh, jangan lupa untuk membagikannya melalui media sosial kalian disertai dengan Ucapan Selamat Hari Keuangan.

Itulah beberapa desain Twibbon  Hari Keuangan yang bisa kalian gunakan dengan mudah dan gratis.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button