Review Aplikasi

Review Aplikasi Whatsapp: Kelebihan, Kekurangan, dan Fitur Rahasia yang Wajib Kamu Tahu!

Review Aplikasi Whatsapp – WhatsApp adalah aplikasi pesan untuk smartphone dengan basic mirip BlackBerry Messenger. WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa biaya SMS karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain-lain.

Aplikasi WhatsApp Messenger menggunakan koneksi 3G atau WiFi untuk komunikasi data. Dengan menggunakan WhatsApp, kita dapat melakukan obrolan online, berbagi file, bertukarfoto dan lain-lain.

Review Aplikasi Whatsapp

WhatsApp (secara resmi WhatsApp Messenger) adalah sebuah layanan perpesanan instan (IM) dan voice-over-IP (VoIP) terpusat yang bersifat perangkat lunak gratis, lintas platform, yang dimiliki oleh konglomerat teknologi Amerika Serikat, Meta Platforms.

Layanan ini memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan pesan teks, pesan suara, dan pesan video, melakukan panggilan suara dan video, serta berbagi gambar, dokumen, lokasi pengguna, dan konten-konten lainnya.

Aplikasi klien WhatsApp berjalan pada perangkat seluler, dan dapat diakses dari komputer. Layanan ini membutuhkan nomor telepon seluler untuk mendaftar.

Pada bulan Januari 2018, WhatsApp merilis aplikasi bisnis mandiri (standalone) yang disebut WhatsApp Business yang dapat berkomunikasi dengan klien WhatsApp standar.

Layanan ini dibuat oleh WhatsApp Inc. dari Mountain View, California, yang diakuisisi oleh Facebook, Inc. pada bulan Februari 2014 dengan nilai sekitar US$19.3 miliar.

Layanan ini menjadi aplikasi perpesanan paling populer di dunia pada tahun 2015, dan memiliki lebih dari 2 miliar pengguna di seluruh dunia pada bulan Februari 2020. Pada tahun 2016, layanan ini telah menjadi alat komunikasi Internet utama di berbagai kawasan termasuk Amerika Latin, anak benua India, serta sebagian besar Eropa dan Afrika.

Jika dilihat dari fungsinya WhatsApp hampir sama dengan aplikasi SMS yang biasa Anda pergunakan di ponsel lama.

Akan tetapi WhatsApp tidak menggunakan pulsa, melainkan data internet. Jadi, di aplikasi ini sobat tak perlu khawatir soal panjang pendeknya karakter. Tidak ada batasan, selama data internet sobat memadai.

Meskipun merupakan aplikasi pesan instan, ada yang unik dari WhatsApp. Jadi, sistem pengenalan kontak, verifikasi dan pengiriman pesan tetap dilakukan melalui nomor ponsel yang sudah terlebih dahulu didaftarkan.

WhatsApp Inc didirikan pada tahun 2009 oleh dua orang pria bernama Brian Acton dan Jan Koum. Keduanya adalah mantan pekerja senior di raksasa online Yahoo. Keduanya sudah bekerja di Yahoo dalam waktu sekitar 20 tahun.

Jan Koum yang awalnya punya ide menciptakan sebuah aplikasi yang bisa mem-broadcast status ketika seseorang tidak dapat dihubungi karena alasan tertentu.

Baca Juga:   Review Aplikasi Tantan: Menemukan Cinta di Ujung Jari Anda!

Koum pun mengajak Acton untuk bekerja sama dengannya. Jadilah kemudian mereka menciptakan perusahaan start up teknologi bernama WhatsApp Inc yang berlokasi di Santa Clara, California.

Namun, aplikasi broadcast status tersebut hanya menarik perhatian sedikit orang. Barulah ketika mereka mennambahkan fungsi messaging pada paruh kedua 2009, WhatsApp pun meledak.

Jan Koum menjalani masa kecil yang sangat memprihatinkan di sebuah desa di pinggiran Ukraina, Koum menjelma menjadi miliuner di usia 37 tahun.

Tapi, kemapanan Koum berbanding terbalik dengan yang dialaminya saat masih kanak-kanak. Jan Koum bersekolah di mana sekolah itu tak punya kamar mandi di dalam. Dengan suhu Ukraina yang mencapai -20 derajat celcius, para murid harus membelah dingin hanya untuk pergi ke kamar mandi.

Layaknya negara komunis, Koum juga merasakan susahnya menjalin komunikasi. Pasalnya, saat itu Uni Soviet memang menerapkan sistem komunis. Saking miskinnya, Koum tak memiliki komputer. Kehidupan bermasyarakat benar-benar tertutup. Jan Koum bahkan tak memiliki komputer hingga usia 19 tahun.

WhatsApp Inc kabarnya hanya mempekerjakan sekitar 20 orang. Di mana sebagian besar di antaranya adalah teknisi. Data terbaru pada bulan Agustus 2012, WhatsApp mengirimkan 10 miliar pesan per hari dari penggunanya di seluruh dunia. Padahal bulan April 2012, ‘baru’ 2 miliar pesan dikirimkan.

WhatsApp tersedia untuk semua sistem operasi mobile yang masih eksis. Dari iOS, Android, BlackBerry OS, BlackBery 10, Nokia Symbian, Nokia Series 40 dan juga Windows Phone.

WhatsApp sejatinya tidak sepenuhnya gratis. Aplikasi WhatsApp di iPhone bisa digunakan cuma-cuma selama setahun, kemudian diwajibkan membayar. Demikian juga di platform lainnya.

Pihak WhatsApp menyatakan pihaknya memang sengaja menarik ongkos dengan imbalan sebuah produk yang bisa diandalkan dan tanpa iklan. Sejak awal, aplikasi ini sudah dirancang berbayar sehingga tim WhatsApp bisa fokus mengembangkan produk.

WhatsApp yang didirikan Tahun 2009 baru saja dibeli Facebook pada bulan Februari 2014 dengan nilai USD 19 miliar atau sekitar Rp 282 triliun (USD= Rp 12.108). Jan Koum masuk di dewan direksi Facebook.https://id-id.facebook.com/

WhatsApp bisa Anda unduh di aplikasi Play Store. Di setiap smartphone android terbaru secara default tersedia aplikasi toko yang namanya Play Store. Anda dapat menemukan WhatsApp di aplikasi toko tersebut.

Atau bagi pengguna iOS bisa mengunduhnya di aplikasi App Store. WhatsApp juga tersedia untuk Nokia S40, S60, BlackBerry dan Windows Phone. Informasi selengkapnya bisa Anda peroleh di situs resmi WhatsApp.

Baca Juga:   Review Aplikasi Picmotion: Bikin Video Slideshow Keren dengan Mudah!

Fitur-fitur Unggulan WhatsApp

WhatsApp mempunyai beberapa fitur:

  • Mengirim pesan teks
  • Mengirim foto dari galeri ataupun dari kamera
  • Mengirim video
  • Mengirimkan berkas-berkas kantor atau yang lainnya
  • Menelpon melalui suara, termasuk mengirim pesan suara Anda yang dapat didengarkan oleh penerima setiap saat.
  • Berbagi lokasi memanfaatkan GPS
  • Mengirimkan kartu kontak
  • WhatsApp juga mendukung beberapa emoji, namun untuk stiker, WhatsApp tergolong minimalis. Berbeda dengan LINE yang lebih getol mengembangkannnya.
  • Di WhatsApp, pengguna juga dapat mengatur panel profilnya sendiri, terdiri dari nama, foto, status serta beberapa alat pengaturan privasi untuk melindungi profil dan juga alat bantuan untuk membackup pesan, mengubah nomor akun dan melakukan pembayaran. Ah ya, WhatsApp ini akan menjadi aplikasi berbayar setelah setahun digunakan, biayanya hanya Rp 12.000 per tahunnya. Anda dapat juga membantu teman dengan cara membayarkan biaya berlangganan tersebut atas namanya.

Fitur lain yang terdapat di WhatsApp adalah:

  • View Contact: Anda dapat melihat contact di phonebook, WhatsApp juga muncul sebagai daftar contact di phonebook
  • Avatar : Anda tidak dapat mengganti Avatar secara manual, WhatsApp akan mengambil data avatar dari Profile phonebook. Apabila menggunakan sinkronisasi Facebook dengan Phonebook, maka avataryang muncul adalah avatar Facebook.
  • Add conversation shortcut : dapat juga menambahkan shortcut conversation ke homescreen.
  • Email Conversation : Anda pun dapat mengirim semua perbincangan melalui email.
  • Copy/Paste : Setiap kalimat perbincangan juga dapat di copy, forward dan delete dengan menekan dan menahan kalimat tersebut dilayar.
  • Smile icon : Untuk menambahkan serunya perbincangan, Anda pun dapat menambahkan emotions dengan banyak pilihan, seperti : smile emotions, icon-icon seperti cuaca, binatang, tanaman, alat-alat musik, buku, kartu, mobil, bangunan, pesawat dll.
  • Search : fitur dasar setiap IM, Anda dapat mencari daftar contact melalui fitur ini.
  • Call : karena pin WhatsApp ini sama dengan no telp/hp teman, Anda pun dapat melakukan panggilan langsung dari aplikasi WhatsApp ini.
  • WhatsApp Call : Pengguna bisa melakukan panggilan melalui WhatsApp dengan koneksi internet.
  • Block: digunakan untuk memblok kontak tertentu.
  • Status : seperti kebanyakan fitur IM, Status juga hadir di WhatsApp.

Kestabilan Koneksi

WhatsApp ini mengandalkan koneksi internet melalui jaringan GPRS/EDGE/3G atau wifi untuk menjalankannya. Aplikasi WhatsApp ini tidak keluar (quit) saat tidak ada koneksi internet. Anda dapat melihat kontak maupun perbincangan dengan teman Anda walaupun tidak ada koneksi internet.

Notifikasi

Terdapat pilihan notifikasi untuk pemberitahuan pesan baru di bagian pengaturan. Anda dapat memilih menampilkan pesan baru secara Pop Up atau hanya tampil di notification Area. Anda pun dapat mengatur suara panggilan di bagian pengaturan.

Baca Juga:   Review Aplikasi Wattpad: Tempatnya Berkarya dan Menemukan Kisah Menarik

Whatsapp menjadi salah satu media sosial yang paling populasi yang digunakan oleh masyarakat Indonesia. Penggunaan whatsapp sebagai media sosial hampir sering digunakan orang dalam kehidupan sehari-hari (Firmansyah et al., 2021;Sofyana & Rozaq, 2019).

Hal ini membuat komunikasi dan interaksi sosial melalui pesan, gambar, audio, video, dokumen, dan hal yang unik lainnya termasuk diskusi menjadi lebih mudah (Pakpahan & Fitriani, 2020).

Kepercayaan adalah fondasi dari setiap aplikasi perpesanan yang aman, dan WhatsApp melakukan banyak hal untuk mendapatkan kepercayaan Anda. Salah satunya, aplikasi ini dibangun di atas Protokol Signal yang telah teruji untuk mengirim dan menerima pesan terenkripsi ujung ke ujung (E2EE).

Itu berarti hanya pengirim dan penerima yang dituju yang dapat membaca pesan pada layanan ini. Bahkan orang-orang di WhatsApp (dan, dengan demikian, Meta) tidak dapat membaca pesan pribadi Anda.

Fakta bahwa WhatsApp dimiliki oleh Meta membuatnya sulit untuk sepenuhnya mendukung aplikasi perpesanan ini. Selama bertahun-tahun, Meta diganggu oleh skandal pengumpulan data pengguna. Meskipun demikian, WhatsApp tampaknya beroperasi secara independen dari Meta, dan bahkan memiliki kebijakan privasi yang terpisah.

Seperti aplikasi perpesanan lainnya, WhatsApp meminta untuk mengakses daftar Kontak perangkat seluler Anda ketika Anda mendaftar. Anda tidak perlu memberikan akses ke daftar Kontak agar aplikasi ini dapat berfungsi, tetapi hal ini akan membuat chatting dengan orang yang sudah Anda kenal menjadi lebih mudah.

Jika Anda tidak mengizinkan akses daftar Kontak, Anda harus memasukkan nomor telepon teman Anda untuk mengirimi mereka pesan atau mengundang mereka ke obrolan grup.

Yang patut diacungi jempol, WhatsApp tampaknya melakukan pekerjaan yang cukup baik dalam melindungi privasi daftar Kontak Anda, dengan menggunakan hash kriptografi alih-alih menyimpan nomor telepon di servernya.

Pengaturan akun WhatsApp di iOS

Seperti kebanyakan platform perpesanan, WhatsApp menempatkan percakapan dalam gelembung ucapan dengan kiriman Anda di sebelah kanan dan penerima di sebelah kiri. Anda dapat memilih masuk atau keluar dari tanda terima baca dari Pengaturan, serta mengubah latar belakang Obrolan.

WhatsApp juga memungkinkan Anda memblokir tangkapan layar untuk gambar yang Anda tandai sebagai sekali lihat, dan Anda dapat mengatur durasi pesan default, sehingga Anda memiliki banyak kendali atas pesan Anda.

Demikianlah pembahasan mengenai Aplikasi Whatsapp. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian terima kasih.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button