GAMES

Mengapa Alone in the Dark Tetap Menjadi Favorit Penggemarnya

Alone in the Dark adalah gim video horor bertahan hidup tahun 2024 yang dikembangkan oleh Pieces Interactive dan diterbitkan oleh THQ Nordic. Ini adalah penggambaran ulang dari Alone in the Dark tahun 1992 yang asli dan merupakan seri ketujuh dari seri video game Alone in the Dark.

Gim ini menampilkan narasi pemain tunggal yang berlatar tahun 1930-an, di mana pemain dapat memilih untuk bermain sebagai Edward Carnby (David Harbour) atau Emily Hartwood (Jodie Comer), saat mereka menyusuri Derceto Mansion untuk mengungkap misteri di dalamnya.

Alone in the Dark dirilis untuk PlayStation 5, Windows, dan Xbox Series X/S pada 20 Maret 2024.

Setelah dirilis, game ini mendapat ulasan beragam dari para kritikus dan gagal memenuhi ekspektasi penjualan perusahaan induk THQ Nordic, Embracer Group, yang berujung pada penutupan Pieces Interactive pada Juni 2024.

  • Sinopsis

Alone in the Dark mengisahkan Emily Hartwood (Jodie Comer) dan detektif swasta Edward Carnby (David Harbour) saat mereka melakukan perjalanan ke Derceto Manor, sebuah rumah bagi orang-orang yang mengalami gangguan jiwa, untuk menyelidiki hilangnya Jeremy Hartwood (Paul Mercier), paman Emily.

Namun mereka akan segera menemukan kengerian Eldritch yang melibatkan monster-monster mengerikan, lingkungan mental, persekongkolan pemujaan, dan hubungan yang melibatkan makhluk misterius yang dikenal sebagai “The Dark Man”.

  • Gameplay

Alone in the Dark menampilkan sudut pandang orang ketiga “di atas bahu”, menghilangkan sudut kamera tetap seperti aslinya. Hal ini mirip dengan franchise Resident Evil, yang juga memilih mekanisme ini untuk remake mereka baru-baru ini.

Pertarungan tersedia dengan senjata api, atau senjata jarak dekat seperti yang ditunjukkan oleh trailer pengungkapan. Pemain dapat memilih untuk bermain sebagai Emily atau Edward, kedua kampanye ini menampilkan cutscene dan level yang berbeda.

  • Pengembangan

Sebuah remake dari game asli tahun 1992, Alone in the Dark, sedang dalam pengembangan aktif oleh Eden Games setelah perilisan Alone in the Dark: Inferno. Namun, setelah studio tersebut dilikuidasi oleh Atari pada tahun 2013, game ini dibatalkan.

Tiga tahun setelah penerimaan yang buruk terhadap Alone in the Dark: Illumination, Atari SA yang saat itu menjadi pemiliknya menjual waralaba Alone in the Dark kepada THQ Nordic pada September 2018.

Pieces Interactive, yang terkenal karena membuat Magicka 2, memulai pengembangan game ini pada akhir tahun 2019.

Game ini ditulis oleh Mikael Hedberg, yang sebelumnya pernah bekerja di Frictional Games untuk Soma dan Amnesia: The Dark Descent. Seniman Guy Davis, yang terkenal karena karyanya dengan Guillermo del Toro dan serial komiknya sendiri, The Marquis, direkrut untuk mendesain monster-monster yang ada di dalam game ini.

Pencipta serial Frédérick Raynal memberikan restunya untuk penggambaran ulang ini dengan mengatakan bahwa Pieces Interactive telah melakukan pekerjaan yang baik dalam mempertahankan “perasaan inti” dari game aslinya.

Aktris Inggris Jodie Comer dan aktor Amerika David Harbour direkrut untuk rekaman suara dan pengambilan gambar wajah dua protagonis Emily Hartwood dan Edward Carnby.

  • Rilis
Baca Juga:   Tipe Hp untuk Gaming, Gaming Lebih Seru !

Pada bulan Agustus 2022, Alone in the Dark diungkap di Showcase THQ Nordic’s. Prolog yang dapat dimainkan untuk game tersebut, berjudul Grace in the Dark, dirilis untuk PlayStation 5, Windows, dan Xbox Series X / S pada tanggal 25 Mei 2023.

Game lengkapnya awalnya dijadwalkan rilis untuk platform tersebut pada 25 Oktober 2023, tetapi ditunda sebulan sebelum rilis hingga 16 Januari 2024 untuk “menghindari persaingan” dengan Alan Wake 2 dan Spider-Man 2.

Pada bulan Desember 2023, game ini kembali ditunda hingga 20 Maret 2024 untuk “menghindari potensi krisis selama liburan Natal.”

Alone In The Dark The New Nightmare

Alone in the Dark: The New Nightmare (atau dikenal juga dengan nama Alone in the Dark 4) adalah sebuah permainan video horor bertahan hidup dan angsuran keempat serta reboot pertama dari seri permainan video Alone in the Dark, yang dikembangkan oleh Darkworks dan dipublikasikan oleh Infogrames Entertainment, SA.

Permainan ini dirilis pada tahun 2001 pada beberapa platform termasuk Windows, PlayStation, Dreamcast, dan Game Boy Color. Versi PlayStation 2 dari game ini juga dirilis beberapa bulan setelahnya dan hanya di Eropa.

  • Plot

Berlatar waktu 31 Oktober 2001. Sahabat dan rekan Edward Carnby, Charles Fiske, ditemukan tewas di lepas pantai Shadow Island, sebuah pulau misterius di dekat pantai Massachusetts.

Penyelidikan Carnby dengan cepat membawanya ke Frederick Johnson, yang memberitahukan kepadanya tentang pencarian Fiske akan tiga tablet kuno dengan kemampuan untuk membuka kekuatan yang luar biasa dan berbahaya.

Johnson memohon kepada Carnby untuk menggantikan Fiske dan membuka kembali penyelidikan untuk mendapatkan kembali tablet-tablet tersebut. Carnby menerima dan menjadikannya sebagai misinya untuk menemukan pembunuh Fiske.

Johnson memperkenalkan Edward pada Aline Cedrac, seorang profesor muda yang cerdas dan muda. Dia bergabung dengan Edward untuk menemukan kembali tablet yang hilang dan membantu Profesor Obed Morton, yang dia yakini sebagai ayahnya.

Saat terbang di atas pantai Pulau Bayangan, pesawat Edward dan Aline diserang oleh makhluk tak dikenal. Edward dan Aline melompat keluar dari pesawat dan terjun dengan parasut ke tanah, namun mereka langsung terpisah.

Edward mendarat di hutan lebat di luar sebuah rumah besar, sementara Aline mendarat di atapnya. Plot game ini merupakan kanon yang terpisah dari seri utamanya.

  • Gameplay

Pemain diberi pilihan untuk memilih salah satu dari dua protagonis yang mereka mainkan. Sisi plot Carnby terutama didasarkan pada melawan monster dengan cara fisik, terutama dengan pistol berlaras ganda, sedangkan Aline lebih berpusat pada teka-teki. Keduanya sesekali bertemu, dan area utama plot bersinggungan.

Pemain akan segera diserang oleh Makhluk Kegelapan yang muncul entah dari mana dan tampak seperti bayangan hidup.

Makhluk Kegelapan ini pada akhirnya terungkap sebagai reptil, bentuk kehidupan berbasis silikon dari pusat Bumi, sebuah dunia gua-gua gelap yang sangat besar yang dikenal sebagai Dunia Kegelapan.

Shadow Island rupanya berisi salah satu dari sekian banyak portal ke dunia bawah tanah ini. Sesuai dengan namanya, musuh-musuh dalam game ini tidak menyukai cahaya (yang tampaknya mengubah mereka menjadi abu), dan hal ini sangat berpengaruh dalam gameplay.

Baca Juga:   Doodle Jump - Free Games

Pemain dapat menggunakan senter untuk mengusir makhluk tertentu, dan membunuh mereka dengan amunisi yang menghasilkan cahaya seperti peluru magnesium dan peluru fosfor.

Cahaya memainkan peran penting dalam game ini. Salah satu fitur utama gim ini adalah senter yang dapat digunakan untuk menerangi adegan gim yang gelap, mengungkapkan detail tersembunyi, dan mengungkap item.

Untuk tujuan ini, para pengembang membuat mesin grafis yang tidak biasa, yang memungkinkan senter karakter pemain 3D menyinari dan menerpakan bayangan pada latar belakang 2D yang sudah dirender.

Hal ini dilakukan dengan merender latar belakang pada berbagai tingkat pencahayaan dan menyertakan informasi mengenai distribusi objek dalam pemandangan.

Mesin grafis kemudian dapat menggunakan versi latar belakang yang lebih terang, di mana lampu senter diharapkan menerpakan cahaya, dan membiarkan area yang berbayang menjadi gelap.

  • Pengembangan dan perilisan

Untuk pertama kalinya dalam seri ini, game ini didasarkan pada pengembangan konsol dan dirilis sebagai judul multiplatform.

Darkworks menangani pengembangan versi PlayStation dan Dreamcast, yang terakhir dirilis satu bulan setelah versi sebelumnya dan menampilkan peningkatan grafis yang besar.

Spiral House mem-porting versi Dreamcast ke Windows. Versi Windows dirilis pada saat yang sama dengan versi Dreamcast, tetapi mengalami masalah konversi suara yang mengubah keseluruhan soundtrack menjadi kualitas yang lebih buruk.

Spiral House juga mem-porting versi Dreamcast ke PlayStation 2 dan merilisnya beberapa bulan setelahnya, dengan tambahan sinkronisasi bibir untuk model poligon selama cutscene.

Versi Game Boy Color dari game ini dikembangkan secara terpisah oleh Pocket Studios yang merupakan versi yang relatif sama dengan versi game konsol rumahan.

Formatnya mengharuskan hilangnya potongan adegan video gerak penuh dari versi lain, dan banyak area permainan harus diperkecil ukurannya sementara beberapa di antaranya dihilangkan sama sekali.

Game ini dirilis di Amerika Utara oleh Infogrames, kecuali untuk versi PlayStation 2 yang hanya dirilis di Eropa.

Di Jepang, versi PlayStation dan PlayStation 2 direncanakan akan dirilis oleh Capcom, tetapi perilisan ini dibatalkan.

Game ini akhirnya dirilis di Jepang untuk Windows pada tahun 2002 oleh CyberFront, dengan menampilkan suara bahasa Inggris dan teks bahasa Jepang, tidak seperti versi bahasa Jepang dari game-game Alone in the Dark sebelumnya, yang disulihsuarakan ke bahasa Jepang.

Komik prekuelnya, Alone in the Dark: Life Is a Hideous Thing, diterbitkan di Prancis oleh Semic Comics pada tahun 2001 dan dirilis dalam bahasa Inggris pada bulan September 2002.

Versi PlayStation dirilis pada bulan Mei 2012 sebagai PSone klasik di PlayStation Network. Pada tanggal 1 September, game ini juga kompatibel dengan PlayStation Vita, tetapi tidak kompatibel dengan PSP karena masalah porting.

Pada bulan April 2024, game ini tersedia untuk PlayStation 4 dan PlayStation 5 sebagai bagian dari tingkat Premium untuk PlayStation Plus.

Pada Oktober 2013, versi Windows dirilis di Steam. Versi Game Boy Color kemudian dirilis di layanan Nintendo Switch Online sebagai salah satu game debutan untuk bagian Game Boy pada tanggal 8 Februari 2023.

Baca Juga:   Game Roblox, Panduan Menjadi Pemain Terbaik!

Alone In The Dark Illumination

Alone in the Dark: Illumination adalah gim video penembak orang ketiga tahun 2015 yang dikembangkan oleh Pure FPS dan diterbitkan oleh Atari SA untuk Microsoft Windows. Game ini adalah seri keenam dari seri video game Alone in the Dark.

Game ini mendapat ulasan negatif dari para kritikus dan merupakan judul terakhir dalam seri ini yang diterbitkan oleh Atari, karena kekayaan intelektualnya telah diakuisisi oleh THQ Nordic.

  • Gameplay

Gim ini adalah pengalaman kooperatif hingga empat pemain dengan empat karakter pemain yang berbeda yang bekerja sama untuk memecahkan misteri dalam pengaturan aksi-horor. Beberapa karakter menggunakan senjata api, sementara yang lain menggunakan kemampuan magis.

Pemain melewati level dengan elemen yang dibuat secara acak seperti lokasi musuh, pintu yang terkunci, atau bahkan tata letak ruangan untuk mencapai brankas pengaman di akhir level.

Sepanjang itu, para pemain harus melawan berbagai jenis musuh dengan menggunakan senjata dan menciptakan sumber cahaya untuk mengalahkan mereka.

  • Plot

Gim ini membawa pemain ke kota Lorwich, Virginia yang ditinggalkan. Terletak di dekat perbatasan selatan Virginia, Lorwich adalah kota industri yang berkembang pesat dengan bisnis yang ramai yang dihasilkan oleh tambang batu bara setempat.

Masa-masa kemakmuran itu berakhir ketika banjir menghancurkan fasilitas pertambangan, dan tidak meninggalkan apa pun selain kehancuran di belakangnya.

Bencana ini memaksa evakuasi segera, meninggalkan kota yang sunyi sepi. Sudah bertahun-tahun sejak kecelakaan itu terjadi, dan kota ini telah lama dilupakan.

Penyebab kecelakaan itu masih menjadi misteri dan, bertahun-tahun kemudian, tidak ada yang berani menginjakkan kaki di kota itu karena takut dengan apa yang ada di sana. Ada banyak laporan tentang makhluk aneh dan kabut gelap yang menyelimuti kota ini.

Beberapa penduduk setempat yang percaya pada hal-hal gaib mengatakan bahwa di sana ada kekuatan yang selalu hadir yang dikenal sebagai The Darkness.

Kegelapan dikatakan menyelimuti segala sesuatu yang dilaluinya dan dapat menampakkan diri dalam berbagai cara, seperti kabut, penampakan, dan makhluk-makhluk.

Sumber utama Kegelapan yang mengganggu Lorwich adalah Cthulhu, makhluk purba yang datang dari bintang-bintang ratusan juta tahun yang lalu bersama rakyatnya untuk berperang melawan Makhluk Tertua di Bumi.

Setelah tugasnya selesai, Cthulhu mundur ke kota R’lyeh di mana naiknya lautan menguburnya dalam tidur yang seperti kematian. Sebuah Obelisk dibuat untuk memungkinkan Cthulhu berjalan di Dunia Material.

Pemain menghancurkan Obelisk. Namun hal itu tidak menghentikan Cthulhu untuk kembali ke dunia. Setelah kalah, dia dibuang kembali ke dimensinya.

Sebuah pernyataan yang diputar sebelum kredit bergulir menyimpulkan bahwa portal muncul di sekitar Lorwich dan Cthulhu akan kembali suatu hari nanti.

Itulah detail pembahasan mengenai game Alone In The Dark. Selamat bermain, semoga menyenangkan, sekian terima kasih.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button