Review Aplikasi

Review Aplikasi Sketchbook: Buat Karya Seni Digital dengan Mudah dan Profesional!

Review Aplikasi Sketchbook – Sketchbook (sebelumnya bernama StudioPaint, juga disebut sebagai Autodesk SketchBook) adalah aplikasi perangkat lunak grafis raster yang ditujukan untuk menggambar ekspresif dan membuat sketsa konsep serta untuk membuat animasi (Jelly Boo, Teatralka).

Perangkat lunak ini pertama kali dikembangkan oleh Alias Systems Corporation sebagai StudioPaint, sebelum diakuisisi oleh Autodesk dan kemudian dipisah menjadi perusahaan independen, Sketchbook, Inc.

Awalnya dikembangkan sebagai perangkat lunak komersial, kemudian berevolusi menjadi model langganan sebelum akhirnya dijadikan freeware untuk penggunaan pribadi.

Pada tahun 2021, Sketchbook Pro, versi desktop aplikasi yang tersedia di Microsoft Windows dan macOS, menjadi perangkat lunak berbayar yang tersedia melalui Microsoft Store dan Mac App Store.

Fitur

Sketchbook memiliki antarmuka pengguna radial/pie-menu dan memiliki alat lukis dan menggambar seperti pensil, spidol, dan kuas.

Aplikasi ini menggunakan fitur yang peka terhadap tekanan pada bantalan gambar digital, komputer tablet, dan smartphone untuk menciptakan efek yang serupa dengan bahan tradisional.

Alat tangkapan layar juga disertakan untuk anotasi, memungkinkan seseorang untuk menampilkan konten selama rapat, dan menambahkan catatan untuk ditinjau.

Program ini juga dapat membuat flipbook atau animasi, dan mendukung lapisan dengan kemampuan untuk mengimpor dari dan mengekspor ke format Adobe Photoshop (.psd). Di antara fitur-fitur lainnya adalah penggaris, kustomisasi kuas, dan rotasi kanvas.

Versi

Ketika Autodesk mengakuisisi Alias pada bulan Oktober 2005, mereka memperlambat pengembangan Sketchbook Pro untuk sementara waktu. Versi 2.0 dirilis pada bulan Juli 2005, di bawah Alias Systems Corporation.

Versi beta dari versi 3.0 ditampilkan di MacWorld 2008 yang dipamerkan dengan Axiotron Modbook.

Pada bulan April 2008, Autodesk SketchBook Pro 2009 dirilis ke publik, diikuti oleh SketchBook Pro 2010, setahun kemudian. Autodesk terus memiliki program beta untuk menguji versi baru SketchBook Pro.

Ada versi konsumen terbatas dari Sketchbook Pro – SketchBook Express, yang menyediakan banyak fungsi yang sama dengan Pro, tetapi tidak termasuk kustomisasi kuas, kontrol lapisan, kuas simetris, atau garis panduan.

Versi Express yang lebih awal tidak dapat menyimpan lapisan. Namun demikian, versi 5.5 dan yang lebih baru, memungkinkan penyimpanan layer.

Pada tanggal 17 September 2009, SketchBook Mobile dirilis, awalnya untuk iPhone dan iPod Touch Apple.

Dibangun dengan mesin cat yang sama dengan Pro, Mobile (dan versi gratisnya, Mobile Express) menawarkan banyak fitur desain yang sama seperti yang terlihat di aplikasi desktop. Versi Android dari SketchBook Mobile dan Express kemudian dirilis pada tanggal 30 November 2010.

Baca Juga:   Review Aplikasi Happn: Aplikasi Kencan Unik yang Mempertemukanmu dengan Orang-Orang di Dekatmu!

Pada bulan Agustus 2012, SketchBook Pro 6 dirilis, menandai kembalinya penomoran versi konvensional. Sepanjang Mei 2014, versi baru Sketchbook Pro lainnya ditampilkan di situs web aplikasi perangkat lunak, yang disebut sebagai SketchBook Pro 2015.

Pada bulan Agustus 2014, SketchBook 7 dirilis, dan dengan itu, ia memperkenalkan model langganan saat ini.

Pada bulan Mei 2017, versi iOS 4.0 dari SketchBook dirilis. Pembaruan ini memperkenalkan fitur-fitur baru; alur kerja dua tangan, toolbar akses cepat yang lebih baik, dan mesin rendering yang lebih baik.

Pada bulan April 2018, versi Sketchbook dengan fitur lengkap dibuat sepenuhnya gratis untuk semua pengguna; model langganan telah dihapuskan, dan semua fitur premium (termasuk panduan perspektif, flood fill, efek layer, dan kustomisasi kuas) tidak lagi tersedia.

Sketchbook akan terus ditawarkan sebagai produk langganan komersial, di bawah inkarnasinya saat ini: Sketchbook for Enterprise (versi Sketchbook ini mencakup dukungan teknis berbayar serta fungsionalitas silang dengan perangkat lunak Autodesk lainnya).

Pada bulan Juni 2021, Autodesk mengumumkan SketchBook akan berubah menjadi perusahaan independen, Sketchbook Inc. yang dipimpin oleh dua mantan karyawan Autodesk SketchBook.

Pada tanggal 30 bulan itu, Sketchbook merilis pembaruan yang membuat aplikasi tidak dapat digunakan untuk perangkat apa pun yang menggunakan Android 11, yang menyebabkan semua pekerjaan yang disimpan tampak terhapus dan macet saat dibuka.

Hal ini diperbaiki dua hari kemudian dengan pembaruan yang dipercepat. Kemudian diumumkan bahwa Sketchbook Inc. akan mulai menagih pengguna Sketchbook Pro untuk mendanai pengembangan aplikasi.

Namun, mereka tidak akan menggunakan model langganan sebelumnya dan sebagai gantinya, membebankan biaya satu kali pembayaran untuk perangkat lunak tersebut.

Review Aplikasi Sketchbook

SketchBook adalah aplikasi bagus yang saya sukai untuk mewarnai. Ini adalah aplikasi lengkap yang hebat yang menyediakan banyak fungsi.

SketchBook menawarkan akses mudah ke semua alat gambar dan pilihan program di panel samping yang mudah digunakan.

Kelebihan

SketchBook memiliki banyak pena/pensil/kuas hebat yang memungkinkan pengalaman menggambar yang menyenangkan. Semuanya ada di layar, tetapi tidak terasa berantakan atau berlebihan.

Aplikasi ini sangat intuitif untuk digunakan, dan tidak terasa terlalu mengacaukan permukaan gambar.

Meskipun ini bukan program menggambar vektor, pikselasinya tidak seburuk di beberapa aplikasi lain, jadi agak lebih bersih untuk memperbesar gambar untuk beberapa pekerjaan detail yang halus.

Baca Juga:   Review Aplikasi Inshot: Aplikasi Edit Video Terbaik untuk Kreator Pemula dan Profesional!

Kontra

Bagi saya, aplikasi ini seperti aplikasi kedua. Aplikasi ini hampir sama bagusnya dengan Procreate dalam hal pewarnaan desain, tetapi saya merasa memiliki lebih banyak opsi di Procreate.

Aplikasi ini tidak sebersih aplikasi Adobe atau Concepts dalam hal kejelasan visual (karena tidak menggunakan vektor). Tampilan galeri tidak sebagus Aplikasi Sketches atau Notability dalam hal pengorganisasian.

Saya merasa semuanya baik-baik saja, tetapi tidak ada yang hebat. Saya suka aplikasi ini, tetapi ketika saya ingin menggambar, aplikasi ini bukan yang pertama kali saya gunakan.

Biaya:  Gratis

Dari sketsa cepat hingga karya seni yang sepenuhnya selesai, Sketchbook pergi ke mana kreativitas Anda membawa Anda.

Sketchbook adalah aplikasi sketsa, melukis, dan menggambar pemenang penghargaan bagi siapa saja yang suka menggambar. Seniman dan ilustrator menyukai Sketchbook karena set fitur kelas profesional dan alat yang sangat dapat disesuaikan.

Semua orang menyukai Sketchbook karena antarmukanya yang elegan dan pengalaman menggambar yang alami, bebas dari gangguan sehingga Anda dapat fokus menangkap dan mengekspresikan ide-ide Anda.

  • Jenis kuas yang lengkap: spidol pensil, airbrush, corengan, dan banyak lagi yang terlihat dan terasa seperti rekan fisiknya
  • Kuas sangat dapat disesuaikan sehingga Anda dapat membuat tampilan yang Anda inginkan
  • Pemandu, penggaris, dan alat guratan mendukung presisi saat Anda membutuhkannya
  • Lapisan dengan mode campuran yang lengkap memberikan fleksibilitas untuk membangun dan menjelajahi gambar dan warna
  • Dibuat khusus untuk membuat sketsa, antarmukanya bersih dan tidak mengganggu sehingga Anda dapat fokus pada menggambar

Berikut beberapa review pengguna di aplikasi

  • Mutiara Dwi

Aplikasinya bagus banget, fitur” nya juga lengkap pokoknya saya suka banget sama apk nya. Tapi ada yg kurang, tolong untuk time lapse atau apa lah itu pas videonya dah jadi mb nya jangan terlalu besar.

Penyimpanan saya jadi langsung penuh seketika, tolong kecil kan mb nya untuk time laspe nya  Dan fiturnya tolong tambahin yg buat ngeblurin gambar sama tambahkan pola rantai dan salju, soalnya bikinnya itu susah:) dan bug nya juga di perbaiki lagi ya.., Sekian dari saya

  • Ikinnocence

Bintang 5 buat ngehargain karna simpel tapi Ini aplikasi gaada perkembangannya dari tahun jebot njir. Gua make aplikasi ini untuk keperluan pembuatan animasi SARAN TOLONG DIBACA ya.

Minimal adain Shape (kotak ,segitiga,bulet) itu aja sangat ngebantu. -saat memakai fitur selection, usahain bisa di duplikat hasil seleksinya (like a picart) – tolong adain grid, gridnya yg normal2 aja (like a pixelab) – di bagian menu layer tolong dikasih variasi custom warna / custom nama (buat pembeda).

  • Tri Sakti
Baca Juga:   Review Game Virtual City Playground: Bangun Kota Impianmu!

Bagusss banget bisa naruh template dan offline lagi. Jadi kalo lagi gabut bisa nih. Oh ya, brushnya juga banyak loh! Buruan download nanti nyesel! Oh ya, buat nambah layer GK harus bayar loh! Bagus banget pokonya!

  • syatinih terbaik

Sudah langganan aplikasi ini hampir 1 Atau 2 tahun lalu, dan aku bilang sabngat bagus. Tolong kalau bisa gambar yang sudah jadi milikku jangan di buat blur.

Kalau bisa adain fitur editing dalam aplikasi, itu sangat membantu untukku. “Editing seperti saat foto sedang diedit.” sama brush nya tambahin untuk latar belakang, plus warna yang bisa disimpan. Trimakasih~ maaf kalau panjang.

  • Alkhuman Maulana (C0221356)

Sangat suka dengan apk ini. Untuk pemula lumayanlah. Kuncinya rajin2 otak atik tools nya karena lumayan lengkap, jangan lupa nonton tutorialnya jga. Auto save juga jadi hasil gambar masih tetap ada, hanya saja udah gak dibisa diundo kalau udh keluar apk nya terus masuk lagi. Over all keren sih

  • Rahma Meliana

Aplikasi gambar paling baguss buat di hp!!!! Brush nya lengkap! Tampilan nya simple! Tapi kadang suka ngebug, pas mau di zoom ehh gabisa di coret. Klo bisa tambahin juga dong brush yg buat blending yaa kekurangan ny itu doang sih.

  • Mai Sarah

Masih sering force close sendiri. Kadang nge lag pas lagi menggambar. Padahal aplikasinya bagus. Cuma masih susah utk digunakan. Seperti “undo” yg tidak bisa di tap 2 kali seperti di aplikasi ib*s & medi*, harus klik tombol undo dulu. Tidak bisa atur “dpi”, mentok di 72 dpi. Tapi brush nya keren-keren!!

  • Ditya m riziq rizqi

Keren banget apk gambar yg satu ini!! Cara pake apk nya simple , pen dan peralatan yg g bikin pusing ,tpi ada sdkit bug 😉 seperti kamera tak bisa gerak , gambar tdk tersave . Semoga bug nya cepat diperbaiki. Dan untuk time lapse mb ny tolong di kecilin sdikt karna membuat memo penuh =) makasih.

Download Aplikasi

Demikianlah pembahasan mengenai review aplikasi Sketchbook. Semoga dapat menambah pengetahuan kita semua, mengenai aplikasi ini, sekian terima kasih.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button