caraLAPTOPLAPTOP & PC

5 Cara Scroll di Laptop

Cara Scroll di Laptop – Scroll adalah menggulir/menggeser bagian suatu halaman ke arah atas/bawah/samping kanan/samping kiri, yang bertujuan untuk melihat bagian lain halaman tersebut yang sebelumnya tidak terlihat.

Dalam aktivitas penggunaan laptop melakukan scroll merupakan hal yang biasa bahkan selalu dilakukan. Dengan melakukan scroll kita dapat melihat bagian lain pada halaman yang sedang dibuka.

Scroll dapat dilakukan dengan berbagai cara, cara yang paling mudah yaitu dengan tombol scrolling pada mouse. Hanya dengan menggulir tombol scroll pada mouse halaman akan secara otomatis bergeser sesuai yang kita inginkan.

Mengingat begitu pentingnya scroll ini, setiap aplikasi atau software juga selalu memiliki fitur scroll yang berupa Scroll Bar, yang biasanya terletak pada bagian pojok kanan dan bagian bawah laman.

Berikut cara scroll di laptop:

1. Lewat Keyboard

Nah yang pertama adalah melalui keyboard. Untuk scroll lewat keyboard sendiri dapat dilakukan dengan dua cara, lewat tombol arah dan lewat tombol Page Up/Page Down.

  • Lewat Tombol Arah
Baca Juga:   Cara Pemakaian Aplikasi Flip (Bisa Transfer Uang Beda Bank), Gratis!

Lewat tombol arah sebenarnya lebih berfungsi untuk memindah letak/posisi kursor (tanda yang berkedip pada layar monitor). Namun, sebenarnya bisa juga untuk melakukan scroll.

Caranya:

Silahkan tekan tombol arah atas (untuk scroll ke atas), arah bawah (untuk scroll bawah), arah kanan (untuk scroll ke kanan) dan arah kiri (untuk scroll ke kiri).

  • Lewat Tombol PgUp, PgDn, Home dan End

Untuk scroll lewat keyboard bisa juga dilakukan melalui tombol lain. Tombol lain tersebut ialah tombol Page Up (PgUp), Page Down (PgDn), Home dan End.

Namun, perlu diketahui jika tombol-tombol tersebut hanya bisa digunakan untuk scroll ke bawah dan ke atas saja. Sementara scroll yang dilakukan disini adalah scroll antar halaman yang terlihat pada monitor.

Caranya:

    • Tekan tombol Page Up (PgUp) : Untuk Scroll ke halaman di atas
    • Tekan tombol Page Down (PgDn): Untuk Scroll ke halaman di bawah
    • Tekan tombol Home : Untuk scroll langsung ke bagian awal
    • Tekan tombol End: Untuk scroll langsung ke bagian akhir

2. Lewat Scroll Bar

Untuk cara yang satu ini, pasti kalian sudah pada tahu. Pada setiap jendela halaman yang kita buka pada Desktop, jika memiliki banyak bagian, maka Scroll Bar secara otomatis akan muncul pada bagian sebelah kanan dan bawah halaman.

Baca Juga:   Cara Membuat Poster di Pinterest

Caranya:

  • Klik dan tahan Scroll Bar Vertikal, kemudian tarik ketas atau ke bawah (untuk scroll ke atas/bawal).
  • Klik dan tahan Scroll Bar Horizontal, kemudian tarik ke kanan atau ke kiri (untuk scroll ke kanan/ke kiri).
  • Atau bisa juga dengan mengklik icon panah kecil pada ujung Scroll Bar.

3. Dengan Menggulir Tombol Scroll Mouse

Bagi pengguna mouse untuk melakukan scroll dapat juga melalui tombol scroll (gulir). Tombol gulir pada mouse terletak di antara klik kanan dan klik kiri, berupa roda kecil yang dapat di gulir dengan jari kita.

Cara scroll dengan tombol scroll mouse:

  • Gulir tombol scroll mouse maju, untuk scroll ke atas laman
  • Gulir tombol scroll mouse mundur, untuk scroll ke bawah laman
  • Untuk scroll ke arah kanan atau kiri, kita harus mengarahkan terlebih dahulu pointer ke Scroll Bar Horizontal kemudian gulir maju (scroll ke kiri) dan gulir ke mundur (scroll ke kanan).

4. Lewat Touchpad

Selain untuk menggerakkan pointer, melakukan klik kanan atau klik kiri, Touchpad sekarang ini juga sudah mendukung fitur scroll. Namun, perlu diketahui jika fitur ini hanya terdapat pada laptop keluaran terbaru. Scroll lewat Touchpad hanya bisa dilakukan pada laptop yang sudah mendukung Smart Touchpad.

Baca Juga:   Cara Menghasilkan Duit Dengan Aplikasi Attapoll

Berikut cara scroll lewat Touchpad:

  • Ucap Touchpad dengan dua jari, maju (scroll ke atas laman) dan mundur (scroll ke bawah laman)
  • Ucap  Touchpad dengan dua jari, ke kanan (scroll ke bagian kanan laman) dan ke kiri (scroll kebagian kiri laman)

5. Cara Scroll Otomatis

Kemudian kita juga dapat melakukan scroll otomatis, nantinya laman akan bergerak sendiri ke arah(bagian) yang kita inginkan secara perlahan-lahan. Kecepatan scroll juga dapat kita tentukan sehingga nanti bisa kita tentukan sendiri sesuai yang kita inginkan.

Scroll otomatis ini dapat kita lakukan melalui tombol scroll pada mouse, kita hanya perlu menekan sekali kemudian menggerakkan mouse ke arah yang diinginkan, maka yang terjadi selanjutnya scroll otomatis.

Untuk lebih jelasnya berikut caranya:

  • Tekan sekali tombol scroll pada mouse
  • Lalu Gerakkan Mouse Ke Arah Scroll Yang diinginkan.
  • Untuk Menghentikan Scroll arahkan kembali pointer pada posisi semula (posisi saat menekan tombol scroll mouse).
  • Atau bisa juga dengan langsung menekan tombol scroll pada mouse sekali, sampai pointer berubah menjadi icon panah kembali

Demikianlah beberapa cara scroll di laptop. Cara tersebut cukup mudah dipraktekkan di laptopmu. Silakan coba, semoga bisa diterapkan dengan baik setiap cara yang ada.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button