caraTIPS

Cara Screen Record di Laptop Windows 11

Cara Screen Record di Laptop Windows 11 – Banyak pengguna laptop Windows 11 yang belum mengetahui laptop-nya dilengkapi fitur bawaan untuk merekam layar laptop. Padahal fitur tersebut sangatlah penting karena bisa digunakan untuk merekam layar ketika bermain game, membuka aplikasi, ataupun aktivitas lainnya.

Semua laptop yang menggunakan Windows 11 pasti memiliki fitur perekam layar, tak peduli apapun mereknya. Sebab fitur tersebut merupakan bagian dari aplikasi XBOX yang terinstal secara default di Windows 11.

Semua tampilan layar bisa di record sehingga cocok untuk mendokumentasikan pekerjaan yang sedang dijalankan. Terlebih untuk para gamer dan content creator yang terkadang membutuhkan dokumentasi dari game yang sedang dimainkan.

Menariknya lagi, fitur perekam layar Windows 11 bisa dibuka secara langsung ketika bermain game dengan cara menekan tombol kombinasi menggunakan keyboard.

1. Tutorial Cara Screen Record di Laptop Windows 11 Tanpa Aplikasi

Sebelum mencoba tutorial ini, perlu diingat bahwa cara merekam layar laptop dengan fitur bawaan XBOX di Windows 11 tidak bisa digunakan untuk merekam layar File Explorer dan layar Desktop. Jika ingin merekam kedua program tersebut maka harus menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Baca Juga:   2 Cara Verifikasi Instagram Melalui Email dengan Mudah

Mungkin Microsoft sengaja tidak mengaktifkan perekam layar untuk File Xplorer dan Desktop demi menjaga privacy pengguna Windows. Bagi yang tidak mempermasalahkan kekurangan tersebut maka bisa langsung mencoba tutorial di bawah ini.

  • Tentukan Layar Aplikasi

Langkah pertama silahkan menentukan layar aplikasi atau program yang akan direkam. Anda bisa merekam game, aplikasi office, browser, ataupun aplikasi lainnya yang sudah terinstal di laptop.

  • Tekan Tombol Windows + G

Kemudian langkah selanjutnya adalah menekan tombol kombinasi Windows + G secara bersamaan. Setelah kedua tombol tersebut ditekan maka akan muncul XBOX Game Bar.

  • Klik Tombol Capture

Setelah Game Bar muncul maka akan terlihat banyak sekali menu yang berhubungan dengan game. Untuk merekam layar laptop, silahkan klik tombol Capture pada bagian atas.

  • Klik Tombol Start Recording
Baca Juga:   Cara Gunakan Aplikasi Likee

Berikutnya akan muncul menu Capture. Pada menu tersebut akan terlihat beberapa tombol. Untuk mulai merekam layar laptop, silahkan klik tombol Start Recording. Sebagai alternatif, juga bisa langsung menekan tombol Win + Alt + R secara langsung untuk mulai merekam video tanpa perlu membuka Game Bar.

  • Menghentikan Perekaman Layar

Apabila sudah selesai merekam layar laptop maka tinggal klik tombol Stop Recording yang berada pada menu Capture Status. Setelah itu video akan otomatis tersimpan di laptop. Jika tidak menemukan tombol tersebut, anda bisa kembali membuka Game Bar dengan menekan tombol Shortcut Win + G.

  • Membuka Hasil Rekaman Layar

Langkah terakhir tinggal melihat hasil rekaman video. Kamu bisa melihatnya melalui Game Bar dengan menekan tombol Win + G atau langsung masuk ke File Xplorer. Kemudian buka folder Videos, lalu masuk ke folder Captures.

Baca Juga:   Cara Download Dan Log In Tiktok

Hasil rekaman memiliki format MP4 sehingga lebih mudah di edit ataupun di upload langsung ke media lainnya.

2. Tutorial Cara Screen Record di Laptop Windows 11 dengan Ekstensi Chrome Sementara

  • Buka Chrome dan masuk ke Chrome Web Store.
  • Ketik Perekam Layar atau Screen Recorder di kolom Search.
  • Klik Add to Chrome.
  • Klik Ekstensi yang ada di pojok kanan Chrome.
  • Klik dan aktifkan Pin.
  • Klik ikon tersebut untuk persiapan rekam layar laptop.

Demikianlah beberapa cara screen record di laptop Windows 11. Semoga setiap langkah yang terdapat di dalam artikel ini bisa memudahkan ketika ingin merekan layar. Selamat mencoba, semoga berhasil, dan terima kasih.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button