TECH NEWS

Cara Aktifkan Play Store Yang Terhapus

Cara aktifkan play store yang terhapus – Siapa yang tidak panik kalau Play store di handphone kamu tidak sengaja terhapus.Kamu pasti merasa bingung,karena play store Ini berfungsi sebagai toko aplikasi resmi untuk sistem operasi Android, yang memungkinkan pengguna untuk menelusuri dan mengunduh aplikasi yang dikembangkan dengan Android software development kit (SDK) dan diterbitkan melalui Google.Selain sebagai toko aplikasi play store juga  berfungsi sebagai toko media digital, yang menawarkan program musik, buku, film, dan televisi.

Bagi kamu pengguna Android,pasti tidak asing dengan Play Store.Yaa, aplikasi ini menjadi gudang untuk mengunduh segala jenis aplikasi hingga game ini merupakan media untuk menikmati aplikasi dan game-game tersebut. Maka dari itu aplikasi ini sangat penting.Bila Play Store tiba-tiba hilang, kamu akan kesusahan dalam menikmati game ataupun ingin mengunduh aplikasi yang ingin kamu download saat menggunakan ponsel Android.

Mari kita lihat cara mengembalikan Google Play Store yang tidak sengaja terhapus di ponsel Android. Namun sebelum itu, mari cari tahu jawaban atas pertanyaan penting,Bisakah kamu menghapus Play Store?

Mari kita jelaskan kalau aplikasi Google Play Store tidak dapat dicopot pemasangannya di ponsel dan tablet yang telah dipasang sebelumnya.

Jadi, apa yang terjadi? Ke mana perginya Play Store Anda? Ada banyak jawaban untuk itu, seperti kamu mungkin telah menonaktifkan atau menyembunyikannya. Apa pun alasan hilangnya Play Store Anda, mari kita lihat cara mendapatkannya kembali dengan berbagai cara.

Cara mengaktifkan play store yang terhapus :

Cara install ulang Play Store yang hilang terhapus tidak sengaja bukanlah hal yang sulit karena kita bisa install menggunakan file apk yang banyak tersedia di internet. Tetapi saat akan mendownload apk Google Play Store sebaiknya perhatikan juga kredibilitas situs penyedia unduhan aman atau tidak.Meskipun kejadian Google Play Store terhapus ini cukup jarang tetapi bukan tidak mungkin terjadi,

  1. Buka halaman apk pure untuk download file apk Google Play Store terbaru.
  2. Lalu tap Unduh APK (jika ada peringatan file dapat membahayakan perangkat pilih OK).
  3. Setelah selesai download buka file maneger kemudian cari file apk tadi lalu tap untuk menginstall. Jika muncul peringatan ponsel anda tidak diizinkan menginstall aplikasi yang tidak dikenal dari sumber ini pilih setelan lalu pilih Izinkan dari sumber ini.
  4. Untuk mengizinkan agar bisa install dari apk sekarang berbeda-beda, namun jika masih memakai handphone android maka bisa diakses dari :
  5. Pengaturan. 
  6. General/Umum.
  7. Security/Keamanan.
  8. Centang Unknown Source/Sumber tak dikenal.
Baca Juga:   Tutorial Mendownload Play Store di Hp Android

Kenapa setelah instal Google Play Store tidak bisa dibuka? kemungkinan versi yang dipasang tidak kompatible dengan OS Android yang digunakan.

Jika aplikasi Google Play Store hilang terhapus apakah akun Google ikut terhapus? Tidak, akun akan tetap ada dan bisa digunakan kembali, yang hilang hanya aplikasinya dari perangkat Android.

Apakah tidak bisa unduh dari Google Play Store? tidak bisa, apk Google Play Store sudah tertanam dalam ponsel dan tidak ada tempat unduhan resmi.

Untuk meminimalisir resiko maka kamu bisa coba transfer apk Google Play Store dari teman yang menggunakan ponsel sejenis atau dengan versi OS Android sama dan caranya adalah sebagai berikut.

Baca Juga:   Tutorial Aplikasi Capcut

2.Dengan transfer aplikasi google play store dari hp android lain.

Langkah dibawah in imembutuhkan 2 buah HP Android dengan OS yang sama untuk memastikan versi Google Play Store yang akan dikirim bisa berjalan di HP penerima.

  1. Download aplikasi Apk Extractor dari Google  play store
  2. Setelah terpasang kemudian jalankan dan cari Google Play Store.
  3. Tap pada menu titik 3 yang ada di pojok kanan lalu pilih Bagikan.
  4. Tunggu sampai proses ekstrak apk selesai, setelah itu silahkan pilih lewat apa kamu akan share aplikasi ke android lain, misalnya via bluetooth dan sebagainya.
  5. Setelah file apk diterima silahkan install Google Play dari file apk tersebut.

Jika sudah download berbagai versi tetapi tidak bisa dibuka juga maka bisa coba reset Android ke pengaturan pabrik namun resikonya semua data akan terhapus.

Baca Juga:   5 Aplikasi Edit Video Untuk Tutorial Make Up

3.Download play store lewat browser

Seperti sudah sering kita lakukan ketika melakukan reset pabrik HP android. Biasanya aplikasi browser bawaan HP tidak akan hilang bukan ? Nantinya kita bisa menggunakan aplikasi browser ini untuk mendownlad ulang aplikasi Play Store secara gratis.

Silahkan kamu ketikkan saja aplikasi Google Play store di kolom pencarian browser. Nantinya kamu harus mengunduh aplikasi dalam format APK. Pastikan juga kamu mendownlad aplikasi Play Store terbaru yang akan kamu instal di HP android.

Jika sudah selesai kamu download, cari file Play Store APK lalu buka untuk menginstalnya.

Kesimpulan :

Salah satu cara install ulang Play Store yang terhapus adalah mendownload file apk Google Play Store, namun resikonya ada kemungkinan tidak bisa dibuka atau tidak bisa berjalan di Android yang kamu gunakan karena sudah berbeda versi.

Mengingat sekarang ini Android terus update dan keluar versi baru, berbeda dengan dulu yang proses upgrade OS masih terbilang lama.Akan lebih aman jika kamu cobame minta transfer apk dari teman yang menggunakan HP Android serupa atau setidaknya menggunakan versi OS Android yang sama.

Baca Juga :

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button