GAME

Mengatasi Tantangan di Portal (2007) – Panduan & Tips untuk Menaklukkan Setiap Level

Portal (2007) – Portal adalah sebuah permainan platform teka-teki tahun 2007 yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Valve.

Game ini dirilis dalam sebuah bundel, The Orange Box, untuk Windows, Xbox 360, dan PlayStation 3, dan sejak itu telah di-porting ke sistem lain, termasuk Mac OS X, Linux, Android (melalui Nvidia Shield), dan Nintendo Switch.

Portal terutama terdiri dari serangkaian teka-teki yang harus dipecahkan dengan menteleportasi karakter pemain dan benda-benda sederhana menggunakan “Perangkat Portal Genggam Aperture Science”, yang juga disebut sebagai “pistol portal”, sebuah perangkat yang dapat membuat portal intra-spasial di antara dua bidang datar.

Karakter pemain, Chell, ditantang dan diejek oleh kecerdasan buatan bernama GLaDOS (Genetic Lifeform and Disk Operating System) untuk menyelesaikan setiap teka-teki di Aperture Science Enrichment Center dengan menggunakan portal gun dengan janji menerima kue ketika semua teka-teki selesai.

Sistem fisika Source Engine memungkinkan energi kinetik dipertahankan melalui portal, yang membutuhkan penggunaan portal secara kreatif untuk bermanuver melalui ruang uji.

Elemen gameplay ini didasarkan pada konsep serupa dari game Narbacular Drop; banyak anggota tim dari DigiPen Institute of Technology yang mengerjakan Narbacular Drop dipekerjakan oleh Valve untuk membuat Portal, menjadikannya penerus spiritual dari game tersebut.

Portal diakui sebagai salah satu game paling orisinil pada tahun 2007, meskipun ada beberapa kritik karena durasinya yang singkat.

Game ini mendapat pujian karena orisinalitasnya, gameplay yang unik, serta cerita yang gelap dan rasa komedi.

GLaDOS, yang disuarakan oleh Ellen McLain dalam versi bahasa Inggris, mendapat pujian karena karakterisasinya yang unik, dan lagu kredit akhir “Still Alive”, yang ditulis oleh Jonathan Coulton untuk game ini, dipuji karena komposisi dan humornya yang orisinal.

Portal sering disebut-sebut sebagai salah satu video game terhebat yang pernah dibuat. Tidak termasuk penjualan unduhan Steam, lebih dari empat juta kopi game ini telah terjual sejak dirilis, memunculkan merchandise resmi dari Valve termasuk model pistol portal dan Companion Cubes yang mewah, serta kreasi ulang kue dari para penggemar.

Versi mandiri dengan teka-teki tambahan, Portal: Still Alive, juga diterbitkan oleh Valve di layanan Xbox Live Arcade pada Oktober 2008 secara eksklusif untuk Xbox 360. Sekuelnya, Portal 2, dirilis pada tahun 2011, yang memperluas alur cerita, menambahkan beberapa mekanisme permainan, dan menyertakan mode multipemain kooperatif.

Dalam Portal, pemain mengontrol protagonis, Chell, dari sudut pandang orang pertama saat dia ditantang untuk menavigasi melalui serangkaian ruang uji coba menggunakan Perangkat Portal Genggam Aperture Science, atau pistol portal, di bawah pengawasan kecerdasan buatan GLaDOS.

Pistol portal dapat menciptakan dua ujung portal yang berbeda, oranye dan biru. Portal menciptakan koneksi visual dan fisik antara dua lokasi yang berbeda dalam ruang tiga dimensi.

Baca Juga:   Download Mod Truck Hino Lohan Bussid versi 2.9 Apk + Cara Pasang

Tidak ada ujung yang secara khusus merupakan pintu masuk atau keluar; semua objek yang berjalan melalui satu portal akan keluar melalui portal lainnya. Aspek penting dari fisika permainan ini adalah pengalihan dan konservasi momentum.

Saat objek bergerak melewati portal, mereka akan keluar melalui portal keluar dengan arah yang sama dengan arah portal keluar dan dengan kecepatan yang sama dengan saat mereka melewati portal masuk.

Sebagai contoh, manuver yang umum dilakukan adalah menempatkan portal agak jauh di bawah pemain di lantai, melompat ke bawah melaluinya, mendapatkan kecepatan saat terjun bebas, dan muncul melalui portal lain di dinding, terbang melewati celah atau rintangan lain.

Proses mendapatkan kecepatan dan kemudian mengarahkan kecepatan tersebut ke area lain dari teka-teki memungkinkan pemain untuk meluncurkan objek atau Chell dalam jarak yang sangat jauh baik secara vertikal maupun horizontal.

Hal ini disebut sebagai ‘melempar’ oleh Valve. Seperti yang dikatakan GLaDOS, “Dalam istilah awam: benda yang cepat masuk, benda yang cepat keluar.”

Jika ujung portal tidak berada pada bidang paralel, karakter yang melewatinya akan diorientasikan ulang agar tegak lurus terhadap gravitasi setelah meninggalkan ujung portal.

Chell dan semua objek lain dalam game yang dapat masuk ke dalam ujung portal akan melewati portal. Namun demikian, bidikan portal tidak dapat melewati portal yang terbuka; bidikan ini hanya akan gagal atau membuat portal baru dalam posisi offset.

Menciptakan ujung portal akan langsung meniadakan ujung portal yang sudah ada dengan warna yang sama. Benda bergerak, kaca, permukaan yang tidak berwarna putih, cairan, atau area yang terlalu kecil, tidak akan dapat menambatkan portal.

Chell sering kali dibekali dengan kubus yang dapat diambil dan digunakan untuk memanjat atau diletakkan pada tombol besar yang membuka pintu atau mengaktifkan mekanisme.

Bidang partikel, yang dikenal sebagai “Emancipation Grills”, kadang-kadang disebut “Fizzlers” dalam komentar pengembang, ada di ujung semua dan di dalam beberapa ruang uji; ketika dilewati, mereka akan menonaktifkan (mendesis) portal aktif dan menghancurkan objek apa pun yang dilewati.

Bidang-bidang ini juga memblokir upaya untuk menembakkan portal yang melaluinya. Meskipun Chell dilengkapi dengan pegas tumit mekanis untuk mencegah kerusakan akibat terjatuh, ia dapat terbunuh oleh berbagai bahaya lain di ruang uji coba, seperti menara, bola energi yang memantul, dan cairan beracun.

Dia juga dapat terbunuh oleh benda-benda yang menabraknya dengan kecepatan tinggi, dan oleh serangkaian penghancur yang muncul di level-level tertentu.

Tidak seperti kebanyakan game aksi pada saat itu, tidak ada indikator kesehatan; Chell akan mati jika terkena sejumlah kerusakan dalam waktu singkat, tetapi akan kembali ke kesehatan penuh dengan cepat.

Baca Juga:   Download Rez (2001) dan Nikmati Sensasi Permainan

Beberapa rintangan, seperti bola energi dan piston yang menghancurkan, memberikan kerusakan fatal dengan satu pukulan.

Banyak solusi yang tersedia untuk menyelesaikan setiap teka-teki. Dua mode tambahan dibuka setelah menyelesaikan permainan yang menantang pemain untuk mencari metode alternatif untuk menyelesaikan setiap ruang uji.

Ruang Tantangan dibuka di dekat titik tengah dan Ruang Lanjutan dibuka saat permainan selesai.

Di ruang Tantangan, level ditinjau kembali dengan tujuan tambahan untuk menyelesaikan ruang uji dengan waktu sesingkat mungkin, dengan portal sesedikit mungkin, atau dengan langkah kaki sesedikit mungkin.

Di ruang Advanced, level tertentu dibuat lebih kompleks dengan penambahan lebih banyak rintangan dan bahaya.

Portal 2007 Porto Vintage

Portal pertama kali dirilis sebagai bagian dari The Orange Box untuk Windows dan Xbox 360 pada tanggal 10 Oktober 2007, dan untuk PlayStation 3 pada tanggal 11 Desember 2007.

Versi Windows dari game ini juga tersedia untuk diunduh secara terpisah melalui sistem pengiriman konten milik Valve, Steam, dan dirilis sebagai produk ritel mandiri pada tanggal 9 April 2008.

Selain Portal, The Box juga menyertakan Half-Life 2 dan dua episode tambahannya, serta Team Fortress 2. Penyertaan Portal di dalam Box dianggap sebagai eksperimen oleh Valve; karena tidak tahu tentang kesuksesan Portal, Box memberikan “jaring pengaman” melalui game-game lain ini.

Portal dibuat dengan ukuran yang tidak terlalu besar untuk berjaga-jaga jika game ini tidak diterima dengan baik oleh para pemain.

Pada bulan Januari 2008, Valve merilis versi demo khusus berjudul Portal: The First Slice, gratis untuk semua pengguna Steam yang menggunakan perangkat keras grafis Nvidia sebagai bagian dari kolaborasi antara kedua perusahaan tersebut.

Game ini juga dikemas dengan Half-Life 2: Deathmatch, Peggle Extreme, dan Half-Life 2: Lost Coast. Demo ini mencakup ruang uji 00 hingga 10 (total sebelas). Sejak saat itu, Valve telah menyediakan demo tersebut untuk semua pengguna Steam.

Portal adalah game pertama yang dikembangkan Valve yang ditambahkan ke dalam daftar game yang kompatibel dengan OS X yang tersedia pada saat peluncuran klien Steam untuk Mac pada tanggal 12 Mei 2010, yang mendukung Steam Play, dimana dengan membeli game ini di komputer Macintosh atau Windows, maka game ini dapat dimainkan di keduanya.

Sebagai bagian dari promosi, Portal ditawarkan sebagai game gratis untuk semua pengguna Steam selama dua minggu setelah peluncuran klien Mac. Dalam minggu pertama penawaran ini, lebih dari 1,5 juta kopi game diunduh melalui Steam.

Promosi serupa diadakan pada bulan September 2011, menjelang dimulainya tahun ajaran baru, yang mendorong penggunaan game ini sebagai alat edukasi untuk ilmu pengetahuan dan matematika.

Baca Juga:   Download COC/Clash Of Clans Mod Apk Unlimited Gems, Gold, Money, Elixir New Update 2019

Valve menulis bahwa mereka merasa bahwa Portal “membuat fisika, matematika, logika, penalaran spasial, probabilitas, dan pemecahan masalah menjadi menarik, keren, dan menyenangkan”, sebuah fitur yang dibutuhkan untuk menarik anak-anak untuk belajar.

Hal ini berkaitan dengan Digital Promise, sebuah inisiatif Departemen Pendidikan Amerika Serikat untuk membantu mengembangkan alat digital baru untuk pendidikan, dan Valve menjadi salah satu bagian dari inisiatif tersebut.

Portal 2007 Platform

Platform(s)
  • Windows
  • PlayStation 3
  • Xbox 360
  • Mac OS X
  • Linux
  • Android
  • Nintendo Switch

Portal berawal dari game freeware Narbacular Drop pada tahun 2005, yang dikembangkan oleh para mahasiswa DigiPen Institute of Technology.

Robin Walker, salah satu pengembang Valve, melihat game tersebut di pameran karier DigiPen. Karena terkesan, ia menghubungi tim untuk memberikan saran dan menawarkan untuk menampilkan game mereka di kantor Valve.

Setelah presentasi mereka, presiden Valve, Gabe Newell, menawarkan pekerjaan kepada tim tersebut di Valve untuk mengembangkan game ini lebih lanjut.

Newell mengatakan bahwa ia terkesan dengan tim tersebut karena “mereka benar-benar menjalankan konsepnya”, telah memasukkan interaksi antara portal dan fisika, menyelesaikan sebagian besar pekerjaan yang seharusnya dilakukan oleh Valve sendiri.

Untuk menguji keefektifan mekanisme portal, tim membuat prototipe dalam mesin game 2D internal yang digunakan di DigiPen.

Elemen-elemen tertentu dipertahankan dari Narbacular Drop, seperti sistem untuk mengidentifikasi dua titik akhir portal yang unik dengan warna oranye dan biru.

Perbedaan utama adalah bahwa senjata portal Portal tidak dapat membuat portal melalui portal yang sudah ada, tidak seperti di Narbacular Drop.

Latar aslinya, tentang seorang putri yang mencoba melarikan diri dari penjara bawah tanah, dibuang demi pendekatan Aperture Science.

Portal membutuhkan waktu sekitar dua tahun dan empat bulan untuk diselesaikan setelah tim DigiPen dibawa ke Valve, dan tidak lebih dari sepuluh orang yang terlibat dalam pengembangannya.

Untuk tahun pertama pengembangan, tim ini sebagian besar berfokus pada gameplay tanpa struktur naratif. Para penguji menganggap permainan ini menyenangkan, tetapi mereka bertanya tentang apa yang dituju oleh ruang uji coba ini. Hal ini mendorong tim untuk membuat narasi untuk Portal.

Tim bekerja sama dengan Marc Laidlaw, penulis seri Half-Life dari Valve, untuk memasukkan Portal ke dalam semesta Half-Life.

Hal ini dilakukan sebagian karena sumber daya seni yang terbatas dari proyek ini; alih-alih membuat aset seni baru untuk Portal, tim menggunakan kembali aset Half-Life 2.

Demikianlah pembahasan mengenai Portal (2007). Semoga berguna untuk kita semua, sekian terima kasih.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button