SOFTWARE

Panduan Lengkap Dynatrace – Optimalkan Kinerja Aplikasi Anda!

Dynatrace merupakan perusahaan software intelligence yang menyediakan Application performance management (APM), Artificial intelligence for operations (AIOps), Cloud infrastructure monitoring, dan Digital experience management (DEM) dengan produk untuk departemen teknologi informasi dan pemilik bisnis digital baik dari bisnis menengah hingga besar.

Layanan dari Dynatrace juga termasuk performance management software untuk program yang berjalan di on-premises dan di cloud.

Software ini mengatur ketersediaan (availability) dan kinerja dari aplikasi software dan dampaknya terhadap pengalaman pengguna dalam bentuk deep transaction tracing, synthetic monitoring, real user monitoring, dan network monitoring.

Dynatrace didirikan oleh Bernd Greifeneder, Sok-Kheng Taing dan Hubert Gerstmayr pada tanggal 2 Februari 2005 di Linz, Austria sebagai dynaTrace Software GmbH, dan diakuisisi oleh Compuware pada tahun 2011.

Pada tahun 2014, perusahaan ekuitas swasta Thoma Bravo mengambil alih perusahaan swasta, dan grup Compuware APM berganti nama menjadi Dynatrace. Dynatrace menetapkan kategori Manajemen Kinerja Digital pada akhir tahun 2014.

Pada tanggal 1 Agustus 2019, Dynatrace menyelesaikan penawaran umum perdananya. Perayaan penawaran umum perdana Dynatrace di New York Stock Exchange pada 1 Agustus 2019.

Kantor pusat Dynatrace berlokasi di Waltham, Massachusetts , dengan laboratorium penelitian dan pengembangan yang berbasis di berbagai lokasi di Austria, Estonia, Polandia, Spanyol, Israel, dan Amerika Serikat. Dynatrace juga memiliki 60 kantor lainnya secara global, termasuk Australia, Brasil, Singapura, dan Inggris.

Berbicara mengenai solutions yang dimiliki oleh Dynatrace, terdapat enam solusi yang dimiliki oleh Dynatrace, yaitu:

  • Cloud operations

Baik Anda sedang membangun cloud native environment, hybrid monster, atau ingin bermigrasi ke cloud, Dynatrace dapat membantu Anda.

  • Microservices & containers

Dynatrace secara otomatis dan terus menerus memetakan dependensi seluruh lingkungan Anda, betapa pun rumitnya.

  • DevOps

Menggunakan solusi ini Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk berinovasi dan mengurangi waktu untuk menyelesaikan masalah.

  • IoT monitoring

Visibilitas yang lengkap dari end device hingga application layer, dan semua infrastruktur yang mendasarinya.

  • Digital experience

Abadikan setiap perjalanan pengguna (user journey) dengan baik sehingga Anda dapat memastikan pengalaman digital yang sempurna setiap saat.

  • Autonomous cloud management

Autonomous cloud management (ACM) adalah visi dari Dynatrace atas bagaimana aplikasi harus dibuat dan diatur. ACM memungkinkan Anda untuk mengirimkan software yang lebih baik dan cepat, melalui otomatisasi.

Solusi dari Dynatrace ini pun melayani industri-industri, seperti:

  • Financial services

Ketika teknologi digital mengubah industri jasa keuangan, bisnis harus menyeimbangkan kompleksitas dengan kebutuhan pelanggan akan kecepatan dan ketersediaan. Dynatrace adalah solusi praktis untuk kinerja digital di organisasi keuangan.

  • Airlines

Salah satu industri airlines yang menggunakan solusi Dynatrace adalah Air Canada. Dengan harapan bahwa Air Canada dapat memberikan layanan pelanggan yang luar biasa. Dengan bantuan dari Dynatrace pun Air Canada’s outages dan MTTR menjadi meningkat 55% dan 35% ketika Dynatrace dikerahkan.

  • Government
Baca Juga:   Software Coupa dan Penjelasan Lengkap

Government organizations memanfaatkan cloud ketika mereka ditekan untuk mencari model bisnis yang dioptimalkan sambil mengukur kinerja dan layanan mereka. Bersama Dynatrace, dapat membantu organisasi pemerintahan baik dalam memindahkan aplikasi atau seluruh pusat data ke publik maupun private dan hybrid cloud.

  • Healthcare

Penekanan pada reformasi dan regulasi layanan kesehatan mengubah budaya inti layanan kesehatan.

Aplikasi yang digunakan dalam healthcare adalah bagian besar dari perubahan ini, membuat kinerja menjadi sangat penting karena hampir setiap aspek perawatan medis semakin bergantung pada aplikasi.

  • Manufacturing

Perusahaan manufaktur membutuhkan pemahaman terperinci tentang kinerja kerja yang dapat memiliki dampak yang luar biasa pada kepuasan pelanggan dan juga keuntungan.

Untuk mengelola kompleksitas yang dihadapi tersebut, menjadikan perusahaan memerlukan visibilitas dan rincian yang lebih besar ke dalam proses bisnis transaksi mereka, untuk setiap pengguna, setiap aplikasi di mana saja menggunakan solusi Dynatrace.

  • Telecommunications

Untuk perusahaan telekomunikasi, downtime dapat merusak bisnis. Dengan meningkatnya penggunaan internet dan seluler, perusahaan telekomunikasi berupaya mengimbangi permintaan akan kecepatan dan ketersediaan.

  • E-commerce & retail

Pengalaman digital adalah pendorong pendapatan utama, terutama di ritel dan e-commerce. Transformasi digital adalah pendekatan modern terhadap pengalaman pelanggan, yang secara langsung dapat memengaruhi laba, reputasi, loyalitas, dan pangsa pasar.

Dynatrace dinobatkan sebagai Pemimpin di Gartner Magic Quadrant 2023 untuk APM dan observabilitas, serta diposisikan paling jauh dalam hal visi dan tertinggi dalam eksekusi.

Dynatrace juga diakui sebagai Pilihan Pelanggan dan menduduki peringkat #1 di seluruh enam kasus penggunaan dalam suara pelanggan Gartner Peer Insights tahun 2023 untuk APM dan kemampuan observasi.

Pada tahun 2022 Dynatrace mendapatkan 3 penghargaan utama, yaitu Best Place to Work tahun 2022, Best Global Culture 2022, dan Best Company Outlook 2022.

Pada tahun 2022, Gartner kembali menobatkan Dynatrace sebagai Pemimpin dalam Gartner Magic Quadrant 2022 untuk APM dan Observabilitas.

Pada tahun 2021, Gartner menobatkan Dynatrace sebagai Pemimpin dalam laporan APM Gartner Magic Quadrant tahun 2021 untuk kesebelas kalinya berturut-turut. Gartner juga memberi Dynatrace skor tertinggi dalam lima dari enam kasus penggunaan dalam laporan Kemampuan Kritis Gartner untuk APM tahun 2021. Dynatrace dinobatkan sebagai Perusahaan Besar Terbaik untuk Bekerja pada tahun 2021 oleh Built In Boston.

GigaOm mengakui Dynatrace sebagai “Leader” dan “Outperformer” dalam GigaOm Radar 2021 untuk solusi AIOps.

Dynatrace dinobatkan sebagai Pilihan Pelanggan dalam laporan ‘Suara Pelanggan’ Gartner Peer Insights September 2021: Pemantauan Kinerja Aplikasi.

Dynatrace dinobatkan sebagai Pemimpin dalam observabilitas cloud-native dalam ISG Provider Lens 2021 – Laporan Layanan & Solusi Kontainer. Forrester mengakui Dynatrace sebagai Pemimpin dalam Forrester Wave 2020: Laporan AIOps .

Pengguna G2 menilai Dynatrace sebagai platform observasi No. 1 pada tahun 2020. AI Breakthrough Awards mengakui Dynatrace sebagai perusahaan analitik berbasis AI terbaik secara keseluruhan untuk intelijen bisnis dan analitik.

Baca Juga:   Software Cisive Serta Kelebihannya

Daftar Pendek Constellation menyebut Dynatrace sebagai salah satu dari tujuh perusahaan teratas dalam Daftar Pendek Manajemen Kinerja Digital mereka .

Dynatrace berinvestasi dalam membangun otomatisasi DevOps dan SRE  dan menyumbangkan pengembangan pada Cloud Native Computing Foundation (CNCF), termasuk kontribusi Keptn, sebuah bidang kontrol open-source yang dapat dicolokkan untuk orkestrasi siklus hidup aplikasi cloud-native.

Dynatrace adalah kontributor dan investor utama dalam aktivitas komunitas sumber terbuka seputar observabilitas dan kinerja. Contohnya termasuk W3C Trace Context, di mana Dynatrace adalah anggota pendiri dan salah satu ketuanya; OpenTelemetri ; dan Fitur Terbuka.

Teknologi sumber terbuka lainnya yang disumbangkan Dynatrace mencakup MONACO, Barista, dan Dynahist. Dynatrace REST API dapat digunakan untuk mengambil atau menyerap data.

Dynatrace Saas

Perangkat Lunak sebagai Layanan (SaaS): Daripada menulis dan memelihara setiap aplikasi, seseorang menggunakan layanan online. Contohnya termasuk Google Mail dan Salesforce

Penting untuk dicatat bahwa perangkat lunak SaaS yang disediakan oleh vendor mungkin tidak berjalan di cloud, namun penawaran SaaS sering kali masuk akal saat mengembangkan aplikasi untuk cloud.

Misalnya, jika mengembangkan solusi e-commerce di cloud, mungkin tidak ingin menemukan kembali penyeimbang beban, database, atau sistem pemrosesan pembayaran saya sendiri.

Bahkan mungkin tidak ingin menjalankan atau mengoperasikannya; mungkin yang kamuinginkan hanyalah menggunakan layanan ini. Menggunakan vendor SaaS memungkinkan kamu berkonsentrasi pada aplikasi kamu sendiri.

Dynatrace Oneagent

Dynatrace OneAgent pada dasarnya adalah satu file biner yang terdiri dari satu set layanan khusus yang telah dikonfigurasikan secara khusus untuk lingkungan pemantauan Anda.

Layanan-layanan ini mengumpulkan metrik pada berbagai aspek host Anda, termasuk perangkat keras, sistem operasi, dan proses aplikasi.

Agen juga dapat memantau teknologi tertentu (Java, Node.js, .NET, dan banyak lagi) secara lebih rinci dengan menyuntikkan dirinya ke dalam proses-proses tersebut dan memantaunya dari dalam. Hal ini memberi Anda wawasan tingkat kode ke dalam layanan yang diandalkan oleh aplikasi Anda.

Untuk pemantauan pengguna yang sebenarnya, Dynatrace OneAgent menyuntikkan tag JavaScript ke dalam HTML setiap halaman aplikasi yang dirender oleh server web Anda.

Dengan adanya tag ini, agen dapat memantau waktu respons dan kinerja yang dialami oleh pelanggan Anda di browser seluler dan desktop mereka.

OneAgent adalah satu-satunya agen di pasar yang dapat keluar dan mengumpulkan metrik di setiap tingkat tumpukan aplikasi Anda secara otomatis. Dalam waktu kurang dari 5 menit, Anda akan mendapatkan semua metrik kinerja (operasional dan bisnis) yang Anda butuhkan dari ujung depan hingga ujung belakang dan semua yang ada di antaranya – instance cloud, host, kesehatan jaringan, proses, dan layanan.

Baca Juga:   Alasan Kuyhaa dan Bagas31 Bertahan?? Meski beberapa Kali Diblokir Kominfo.

Jika Anda menjalankannya, OneAgent menangkap data tentangnya.

  • Hanya Dynatrace yang menunjukkan metrik jaringan khusus proses kepada Anda.
  • Agen lain tidak dapat mengumpulkan informasi tentang semua tingkat aplikasi secara otomatis.
  • Hanya Dynatrace yang menangkap metrik kinerja pada aplikasi yang berjalan di dalam kontainer tanpa perlu menginstal agen di setiap kontainer.

Bagaimana Anda bisa mengetahui dampak bisnis dari kegagalan infrastruktur? Atau bagaimana setiap layanan berkontribusi terhadap kinerja aplikasi? Pendekatan OneAgent dirancang untuk mengumpulkan metrik front-end dan back-end ke dalam satu repositori data terpadu.

Memiliki kumpulan data dalam konteks yang lengkap dan terhubung langsung adalah hal yang memungkinkan Dynatrace menghubungkan titik-titik di antara metrik bisnis, pengalaman pengguna yang nyata, dan kinerja operasional, hingga ke tingkat kode.

  • Pengumpulan data APM lainnya tidak disatukan oleh desain, melainkan sekumpulan alat, konfigurasi, dan repositori data yang disatukan.
  • Pendekatan multi-agen dari APM lain menghasilkan “silo data” -memaksa Anda untuk menyatukan kumpulan metrik yang berbeda untuk mendapatkan gambaran lengkap.
  • Model data terpadu memastikan “sumber kebenaran tunggal” yang konsisten untuk semua pemangku kepentingan. Tidak perlu melewati rintangan atau mengkalibrasi apa pun.

Instal hanya satu agen, satu kali, konfigurasi manual selamanya-nol. Dengan Dynatrace, instal hanya satu agen sekali saja per host untuk mulai mengumpulkan semua metrik yang relevan di sepanjang 100% rantai pengiriman aplikasi Anda. Instal dan lupakan saja-kami akan mengurus semuanya.

Hanya dengan beberapa klik mouse, Dynatrace OneAgent menemukan proses apa pun yang Anda jalankan di host.

Berdasarkan apa yang ditemukannya, OneAgent secara otomatis mengaktifkan instrumentasi khusus untuk stack Anda, serta menyuntikkan tag secara otomatis ke dalam halaman aplikasi web. Komponen baru akan terinstrumentasi secara otomatis dengan cepat.

  • APM lain membuat Anda menginstal beberapa agen yang berbeda per host untuk memantau server, aplikasi, basis data, pemantauan pengguna nyata, dan sebagainya.
  • Beberapa vendor mengharuskan Anda untuk mengkodekan secara manual setiap halaman HTML untuk mendapatkan pemantauan pengguna yang sebenarnya.
  • OneAgent bekerja untuk sebagian besar teknologi langsung dari kotaknya – tidak perlu menyusun berbagai agen dan plug-in, memiliki pengetahuan teknis khusus, atau mengonfigurasi apa pun secara manual.

Setelah Anda menginstal Dynatrace OneAgent, Anda siap untuk hidup. Bermigrasi ke cloud? Tidak masalah.

Memperkenalkan teknologi stack baru seperti layanan mikro dan kontainer? Bisa. Pendekatan agen tunggal dirancang khusus dengan mempertimbangkan lingkungan yang sangat dinamis.

  • Skala hingga 100.000+ host yang didistribusikan di seluruh dunia.
  • Memperbarui tanpa rasa sakit. Semuanya terjadi secara otomatis-Anda tidak perlu melakukan apa pun.
  • Alat APM lain membuat Anda mengalami mimpi buruk karena harus menyentuh ratusan komponen yang berbeda secara manual.

Demikianlah pembahasan mengenai Dynatrace. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua, sekian terima kasih.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button